Palestina : Dari Masa Utsmani hingga Masuknya Zionis Israel dan Serangan Mavi Marmara

      Palestina secara historis telah dikuasai oleh orang-orang Mamalik (Mameluke), sejak terjadinya Perang Ain Jalut di wilayah Palestina pada 1260 dimana Qutuz dan Beybarz, penguasa Mamalik berhasil mengalahkan Panglima Mongol yang beragama Kristen Nestorian, Kitbugha (Kitbuqa) Khan. Mamalik awalnya adalah tentara elit yang berasal dari para budak Turki, kebanyakan berasal dari suku Kipchak, yang mengabdi pada dinasti Ayyubiah (Kurdi) di Mesir. Setelah kematian Sultan Ayyubiah terakhir, Turansyah pada 1250, Izuddin Aibik mengambil kendali pemerintahan dan menguasai wilayah seperti Mesir, Palestina dan sebagian Syam (Suriah). Mamalik kemudian menghidupkan kembali Kekhalifahan Abbasiyah di Mesir sebagai boneka guna mendapatkan legitimasi atas kekuasaanya. 

      Kekuasaan Mamalik kemudian melemah pada kisaran tahun 1500-an akibat perang saudara dan banyak wilayah mereka (termasuk Palestina) yang mulai terbengkalai. Keadaan tersebut menyebabkan Selim I berikhtiar memasukkan wilayah Palestina ke dalam wilayah Utsmani. Disamping itu, dinasti Syafawiyah yang beraliran Syiah Duabelas telah menjadi ancaman bagi Utsmaniyah mengingat penguasa Syafawiyah, Syah Ismail I gencar mengirim pendakwah Syiah ke wilayah Antiokia. Dengan dikuasainya Palestina (dulu disebut Al-Quds/Tanah Suci), maka ia mampu membuka gerbang menuju Mesir dan memungkinkan baginya merebut gelar Khalifah dari tangan Khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil III yang berada di bawah pengaruh Mamalik di Mesir, di sisi lain akan lebih dekat baginya untuk mengatasi ancaman dinasti Syafawiyah yang beraliran Syi’ah. Usahanya menuai hasil ketika ia mengalahkan Syah Ismail dalam pertempuran Chaldiran (1514), merebut Palestina dari Mamalik (1516), dan Mesir (1517). Kemenangan Utsmani semakin sempurna tatkala pengganti Selim I, Sultan Sulaiman I yang bergelar “Si Hebat” berhasil mengusir Syafawiah dari Baghdad pada 1535.

      Sultan Sulaiman I juga digelari oleh rakyatnya sebagai Kammi (pemberi hukum). Dia merevisi dan mengembangkan Kanun Nameh , kode hukum kesultanan yang pertama kali dihimpun dan disebarkan oleh Mehmet II. Sejumlah hukumnya melindungi hak-hak Yahudi dan rayas (terlindungi), orang-orang Kristen yang hidup dalam komunitas mereka sendiri dalam kesultanan itu. Di kesultanan Utsmaniyah, kelompok-kelompok agama boleh mendirikan komunitas mereka sendiri, disebut millet, dimana mereka boleh melaksanakan hukum agama dan adat mereka sendiri di bawah pemimpin mereka dan perlindungan Sultan. Tidaklah heran setelah jatuhnya Konstantinopel pada 1453, Islam tidak dipaksakan kepada penduduknya. George dari Hungaria pernah menulis, ”Orang Turki tidak memaksa siapapun untuk menanggalkan keyakinannya, tidak mati-matian membujuk orang lain dan tidak terlalu peduli dengan soal balas dendam.”  Seturut ucapan Sultan Mehmet II kepada Genadios, Rahib Kristen Ortodoks setelah takluknya Ibukota Byzantium itu, dan Sultan menunjuknya sebagai Patriark, ”Jadi Patriark-lah kamu, semoga beruntung, dan pastikan persahabatan kita tetap terjaga. Peliharalah seluruh hak yang dinikmati Patriark sebelum kamu.”
Di ujung lain wilayah Mediterania, penaklukan terakhir Spanyol oleh Raja- Raja Katholik tehadap wilayah Islam (Reconquista) di Granada, megakibatkan terjadinya pemaksaan agama (dibawah institusi Gereja yang disebut Inkuisisi-Pen) atau pengusiran seluruh Muslim dan Yahudi dari wilayah itu. Karen Armstrong berpendapat, “Sebagian besar kita tentunya setuju bahwa salahsatu dari institusi Kristen yang paling jahat adalah inkuisisi, yang merupakan instrumen terror dalam Gereja Katholik sampai dengan akhir abad ke-17.” 7 Di Spanyol misalnya, inkuisisi secara resmi dibentuk oleh Paus Sixtus IV pada November 1478, dan baru berakhir pada 1820. Pembentukan ini dipicu oleh laporan bahwa para Yahudi dan Muslim yang dipaksa memeluk Kristen (dikenal sebagai converses dan marranos) masih tetap mempraktikkan ritualitas agama mereka yang lama. Pada 1480, dimulai satu penyelidikan dan pengadilan terhadap di sebuah jalan utama di kota Barcelon yang dikenal sebagai Ramblas. Disini semua korban disiksa. Kaum Kristen yang berasal dari Yahudi, misalnya, dicap sebagai heretics karena masih mempraktikkan tradisi Yahudi, seperti mengenakan baju linen setiap hari Sabtu, atau tidak mau memakan babi. Dalam setahun saja tidak kurang dari 300 orang dibakar hidup-hidup. Kondisi kaum Yahudi dan Muslim menjadi lebih buruk setelah Thomas de Torquemada menjadi “inquisitor general” untuk wilayah Castille dan Aragon pada 1483. Jumlah yang dibakar hidup-hidup semakin banyak. Torquemada kemudian berusaha mengusir seluruh Yahudi dari Spanyol. Upaya ini kemudian berhasil, dengan dikeluarkannya perintah pengusiran Yahudi dari Spanyol oleh Ferdinand dan Isabella, yang dikenal dengan General Edict on the Expulsion of the Jews from Aragon and Castile.

      Berbeda dengan keadaan di Eropa, kaum Yahudi di wilayah Utsmani merasakan hidup yang damai dan sejahtera. “Di sini di tanah orang Turki, kami tidak punya keluhan apa-apa”, tulis seorang rabbi kepada saudaranya di Eropa.”Kami sangat beruntung, kami mempunyai emas dan perak. Kami tidak dibebani pajak yang besar dan perdagangan kami bebas bejalan tanpa kendala.” Sejumlah pengunjung Yahudi dari Eropa sangat tercengang dengan kebebasan yang dinikmati kaum Yahudi di Palestina. Pada tahun 1535, David de Rossi, seorang Yahudi Italia, mencatat bahwa di wilayah Utsmani, kaum Yahudi bahkan memegang posisi-posisi di pemerintahan, sesuatu yang mustahil terjadi di Eropa. Ia mencatat, “Kami disini bukanlah hidup di buangan, tetapi layaknya di negeri kami sendiri.” 11 Roger Lockyer bahkan memuji kekuatan Militer Utsmani dalam pendapatnya, “Tentara Turki adalah buah dari toleransi bangsa Turki terhadap masyarakat yang mereka taklukkan. Walaupun bagian besar populasi Kekaisaran Utsmani adalah Yahudi dan Kristen, mereka tidak tertarik untuk (memaksakan) konversi agama.”
Perlindungan Utsmani kepada Yahudi menjadi benar-benar berharga tatkala Inkuisisi tengah bergulir di Eropa. Utsmani saat itu dipimpin oleh Sultan Bayezid II yang memerintah pada 1481-1512. Pada bulan April 1892, Yahudi di Turki Utsmani merayakan apa yang mereka sebut sebagai, “the fourth centennial of their immigration to Turkey.” Suatu doa dipanjatkan untuk mensyukuri keberadaan “400 tahun Yahudi di Turki Utsmani,” yaitu sejak mereka mendapatkan perlindungan dari Sultan Bayezid II. Istilah mereka, “the four hundred years since the Jews had come to find shelter under the wings of righteous and compassionate sultan, Sultan Bayezid II.” Ucapan selamat pun diucapkan oleh The Central Committee of the Alliance Israelite Universelle in Paris kepada Sultan Abdul Hamid II yang berisi :

“ Pada musim semi tahun 1492, kaum Yahudi yang diusir dari Spanyol menemukan perlindungan di Turki. Sementara mereka ditindas di belahan dunia lainnya, mereka tidak pernah berhenti menikmati perlindungan di negeri-negeri leluhur Tuan yang jaya. Mereka mengizinkan Yahudi hidup dalam keamanan, untuk bekerja dan untuk membangun… The Alliance Israelite Universelle bersama dengan Yahudi Turki; dan seluruh pemeluk agama lain dari semua negeri, bergabung dengan kami untuk merayakan ulang tahun ke-400 bertempatnya Yahudi di Turki.”
Toleransi yang dianut oleh Turki Utsmani adalah refleksi Islam yang terproyeksikan dalam perlindungan mereka pada orang-orang Yahudi. Karen Armstrong, seorang pemikir non-Muslim juga menekankan bahwa hal ini sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw : “Muhammad tak pernah meminta orang Yahudi atau Kristen untuk menganut agama Allah, kecuali jika mereka sendiri yang betul-betul menginginkannya…”  

      Keteladanan lainnya yang pasti diadaptasi oleh Utsmani ialah ketika Islam untuk pertama kalinya memasuki kota Jerusalem pada Februari 638 M dibawah pimpinan Umar Bin Khattab, setelah merebutnya dari Byzantium. Karen Armastrong kembali berpendapat mengenai hal ini :

“ Umar Juga mengekspresikan sikap ideal kasih sayang dari penganut (agama) monoteistik, dibandingkan dengan semua penakluk Jerusalem lainnya, dengan kemungkinan pengecualian pada Raja Daud. Ia memimpin satu penaklukan yang sangat damai dan tanpa tetesan darah, yang kota itu belum pernah menyaksikan sepanjang sejarahnya yang panjang dan sering tragis. Saat ketika kaum Kristen menyerah, tidak ada pembunuhan disana, tidak ada penghancuran properti, tidak ada pembakaran simbol-simbol agama lain, tidak ada pengusiran atau pengambilalihan, dan tidak ada usaha untuk memaksa penduduk Jerusalem memeluk Islam. Jika sikap respek terhadap penduduk yang ditaklukkan dari Kota Jerusalem itu dijadikan sebagai tanda integritas kekuatan monoteistik, maka Islam telah memulainya untuk masa yang panjang di Jerusalem, dengan sangat baik tentunya.”

      Trias Kuncahyono dalam bukunya; Jerusalem-Kesucian, Konflik dan Pengadilan akhir, ikut menambahkan gambaran akan toleransi yang diberikan oleh Pemerintah Utsmani kepada pemeluk Kristen (Ortodoks) Rusia yang menyelamatkan kelangsungan Kepatriarkan Gereja ini terutama setelah Revolusi Rusia 1917 :

“Orang-orang Kristen Rusia diperkirakan mulai berziarah ke Tanah Suci (Palestina-Pen) sejak abad ke-11. Tetapi mereka tidak memiliki lembaga sendiri di Palestina, sampai abad ke-19. Setelah Perang Krimea, sewaktu jumlah peziarah dari Rusia meningkat drastis... Di tempat itu dibangunlah Gereja (1885). Revolusi Rusia 1917 dan penghinaan kaum Bolshevik terhadap gereja mendorong mereka untuk menghentikan perziarahan. Namun pada saat yang bersamaan, mereka membangun “Gereja di Pengasingan”. Gereja di Tanah Suci itu melanjutkan Kepatriarkan Moskwa.” 

      Semua Peradaban yang maju pasti akan menemukan stagnansi dan mengalami degradasi secara perlahan dan terus hilang. Ini sudah sangat lazim dalam sejarah manusia, karena pada dasarnya setiap individu, sebagai mikrokosmos juga terlibat kompetisi dengan individu lain dalam tinjauan makrokosmos hubungannya. Pemerintah Utsmani juga mengalami hal yang sama. Ekonomi kesultanan terpukul telak ketika orang-orang Belanda dan Britania mengembangkan rute laut ke Asia guna menggantikan rute darat melalui wilayah Utsmani. Ekonomi semakin terpukul oleh inflasi, yang penyebabnya antara lain aliran perak Spanyol dari koloni-koloni dunia baru di Amerika Selatan. Serangkaian pemerintahan Sultan yang lemah menyebabkan rusaknya struktur-struktur pemerintahan dan militer yang tadinya kuat. Angkatan laut Utsmaniyah dikalahkan oleh Liga Suci yang dibentuk Paus Pius V dan kehilangan kendali atas Mediterania. Kemudian, selama abad ke-17, negara-negara yang lebih kuat di Eropa bermunculan dan bersekutu guna mengekang kekuasaan Utsmaniyah.
Tatkala keadaan memburuk dan Utsmani semakin kehilangan pamor di kancah internasional, konspirasi di dalam tubuh Utsmani juga ikut menggerogoti negara adidaya ini menjadi, seperti ucapan Tsar Nicholai I kepada Utsmani, “Orang Sakit dari Eropa”. Utsmani sempat melakukan Tanzimet (penataan ulang) atau reformasi dari tahun 1839-1876 yang mengagendakan pengenalan pabrik, sistem pendidikan, dan angkatan bersenjata modern. Hatt-I-Humayun (Pengumuman Reformasi Kekhalifahan) pada 1856 yang berisi tentang persamaan hak warga negara. Pada tahun 1876 para pendukung reformasi berpendidikan barat yang menyebut dirinya Utsmaniyah Muda (kemudian menjadi Turki Muda) memimpin kudeta militer guna menegakkan monarkhi konstitusional.18 Hasilnya ialah konstitusi pertama kesultanan itu, Kanun-I Esasi (Hukum Dasar) dan adanya parlemen, yang diterbitkan Sultan Abdul Hamid II pada 1876, namun ia bekukan dua tahun kemudian. Setelah Revolusi Turki Muda pada 1908 dimenangkan oleh pendukung Tanzimet dan kaum Sekuler akhirnya Abdul Hamid II kembali menghidupkan parlemen.

      Keadaan lemah dan pertikaian internal Utsmani merupakan lahan yang subur bagi tumbuhnya gerakan yang paling dibenci oleh umat Yahudi Relijius, Rakyat Palestina yang masih menderita kini, dan siapapun yang bernurani : Zionisme. Zionisme adalah suatu ideology sekuler yang sangat dramatis dan sukses mencapai tujuannya di abad ke-20. Berakar dari rumusan sederhana terhadap kondisi riil fenomena anti-Yahudi oleh negara-negara Eropa yang masih terjadi hingga abad ke-19. Pendirinya adalah Theodor Herzl, seorang Yahudi kelahiran 2 Mei 1860 di Budapest, Hungaria. Tahun 1891, ia menerima penugasan dari Koran Neue Freie Press, sebagai koresponden di paris. Inilah kemudian yang merubah sejarah hidupnya saat ia meliput pengadilan Kapten Alfred Dreyfus, seorang Yahudi yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata. Disinilah Herzl melihat merebaknya semangat anti-Yahudi (yang biasa diistilahkan oleh orang Yahudi sebagai anti-Semitisme). Kasus Dreyfus ini telah mengubah pendapatnya yang selama ini percaya pada teori “asimilasi” untuk penyelesaian masalah Yahudi. Tahun 1896, gagasannya dia tulis dalam pamflet berjudul “Der Judenstaat” (Sebuah Negara Yahudi). Herzl nampaknya sangat agresif. Setahun kemudian , 1897, meskipun menghadapi banyak tantangan, dia sudah menyelenggarakan Kongres Zionis Pertama.19 Nama Zionisme sendiri diambil dari nama perbukitan utama di Jerusalem yaitu bukit Zion. Bukit ini telah menjadi simbol seluruh Jerusalem yang disucikan kaum Yahudi bahkan sejak zaman pembuangan Babel. Bahkan diabadikan dalam Perjanjian Lama, dalam Yesaya 52:2,”Kebaskanlah debu dari padamu, bangunlah, hai Jerusalem yang tertawan ! Tanggalkanlah ikatanikatan dari lehermu, hai puteri Zion yang tertawan !.”  Landasan ini yang diambil oleh Zionis untuk membawa Kaum Yahudi “Pulang” ke “Tanah Yang Dijanjikan-The Promised Land” (dalam hal ini ialah Palestina).

      Herzl juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki jangkauan lobi yang begitu luas. Ia bahkan sempat berusaha meyakinkan Sultan Abdul Hamid II melalui perantara Kaiser Wilhelm II yang memiliki hubungan baik dengan Sultan. Kaisar kemudian mengirimkan surat kepada paman Sultan sebagai perantara :

“ Saya diyakinkan bahwa pendirian Kota Suci bagi bangsa kaya dan berindustri seperti Israel akan membawa pada kemakmuran yang belum tercontohkan dan membawa berkah bagi Kota Suci itu. Pendirian itu akan membawa jutaan (uang) bagi kas bangsa Turki.. dan secara bertahap akan membantu menyelamatkan “The Sick Man” dari kebangkrutan.”  

      Sultan kemudian menolak keras tawaran Theodore Herzl dan menyampaikan ketegasannya pada Newlinsky seorang wartawan dan sahabat Herzl :

“Jika Tuan Herzl sebagaimana kamu juga mau menjadi temanku, maka nasihati dia, agar jangan mengambil langkah lagi dalam masalah ini. Saya tidak dapat menjual, walaupun sejengkal tanah ini (Palestina), yang bukan menjadi milikku, tetapi milik rakyatku. Rakyatku telah memenangkan Kekaisaran ini dengan bertempur untuknya, dengan mengucurkan darah mereka, dan telah menyuburkan tanah ini dengan darah mereka…. Turki Utsmani bukanlah milikku tetapi untuk rakyat Turki…Silakan Yahudi menabung miliaran (uang) mereka. Jika kekhalifahanku sudah terbagi-bagi, mereka mungkin akan mendapatkan Palestina tanpa imbalan.” 

      Zionis mengambi jalan alternatif yang tepat dengan mengarahkan pandangannya kepada Organisasi Turki Muda. Sejumlah Yahudi (anggota Zionis) yang aktif dalam organisasi ini adalah Avram Galante dan Emanuel Karassu. Karassu sendiri adalah seorang ketua sebuah loji Freemason di Salonika.  Bahkan mereka mampu merangkul para kader organisasi ini, salah satunya ialah Apdullah Cevdet yang dikenal sebagai simpatisan Gerakan Zionisme. Ia menyatakan, “Sejak kami membangun hubungan dengan peradaban Barat, satu kebangkitan intelektual telah terjadi; sebelum hubungan ini, masyarakat kami kurang kehidupan intelektual.”  Kaum Zionis dengan segala manuvernya akhirnya mampu mewujudkan migrasi awal mereka secara besar-besaran. Aliyah I (Imigrasi Pertama) pada 1882-1904 telah mampu membawa 30.000 imigran Yahudi dari Eropa Timur yang didanai oleh Rodschild Family. Aliyah II (1904-1914) telah menggiring 33.000 imigran Yahudi.  Mandat Palestina oleh Liga Bangsa-Bangsa pada 24 Juli 1924 telah mengokohkan Palestina sebagai “National Home” bagi Yahudi. 

      Kekalahan Utsmani pada Perang Dunia I menyebabkan dihapusnya Kekhalifahan pada 1 november 1922, Sultan terakhir, Mehmed VI Vahideddin meninggalkan Istanbul pada 17 November, setahun berikutnya Republik Turki didirikan pada 29 Oktober 1923. Palestina semakin sengsara nasibnya terutama ketika seusai Perang Dunia II, saat hampir semua Yahudi semakin percaya pada Zionisme akibat kebrutalan Hitler, Palestina-lah yang harus “menyediakan rumah” bagi Yahudi. Tetapi, nampaknya masih ada sedikit Umat Yahudi Relijius yang berani mengungkapkan kebenaran, seperti golongan Neturei Karta yang menolak pendirian Negara Israel melalui perampasan dan kekerasan, telah disebutkan dalam Kitab Talmud Ketubot : 111a. Neturei Karta, melalui Rabbinya, Yisroel Dovid Weiss menegaskan,”..Negara Zionis itu dibuat sebagai pengganti kesucian dan ketuhanan Agama Yahudi, yang mengubah keunikan mereka, (sebagai) esensi yang berakar mendalam, kepada satu teritori, satu politik Gentile (kafir).”  Bahkan Abraham (Ibrahim AS) yang telah menerima janji dari Tuhan atas Tanah Palestina (bdk. Kejadian 15 : 18-21) masih harus membeli tanah pekuburan bagi Sara dari Efron orang Het disana : “Lalu Abraham menerima usul Efron, maka ditimbangnyalah perak untuk Efron, sebanyak yang dimintanya dengan didengar oleh Bani Het itu, empat ratus syikal perak seperti yang berlaku di antara para saudagar.” Bukan merebut, merampas, dan mengusir. Inilah yang terjadi setelah Utsmaniyah runtuh dan toleransi masih menjadi harapan panjang disana, di Al-Quds.

Rilis Pers dalam Peringatan Empat Tahun Serangan Mavi Marmara oleh PAHAM Indonesia :

      Di subuh hari tanggal 31 Mei 2010, kapal-kapal yang tergabung dalam misi kemanusiaan Freedom Flotilla to Gaza dengan 700 penumpang dari 37 kewarganegaraan yang lintas bangsa, etnis, agama, dan kepentingan politik, melaju tenang di Laut Mediterranean (Laut Tengah). Mendadak ketika berada 72 mil laut dari garis pantai Gaza salah satu kapai penumpang terbesar yaitu MV Mavi Marmara tiba-tiba diserang tentara Israel dari atas helikopter maupun dari perahu zodiac. Sembilan orang relawan tewas di tempat dan satu orang tewas. Empat tahun kemudian pada 25 Mei 2014 setelah koma selama empat tahun (Ugur Suleyman). Kesemua korban adalah warga Turki. Termasuk satu warganegara AS keturunan Turki, Furkan Dogan, usia 19 tahun. Sementara, 156 relawan lainnya luka-luka dan 52 orang diantaranya menderita luka-luka yang amat serius.

      Termasuk diantara yang terluka tembak adalah dua dari duabelas relawan Indonesia di kapai MV Mavi Marmara, masing-masing Surya Fachrizal, jurnalis dari Majalah Hidayatullah dan Okvianto dari KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina). Selanjutnya, enam kapai Freedom Flotilla berikut 700 relawan-nya digelandang ke pelabuhan Ashdod di Israel. Dari Ashdod mereka kemudian ditahan di penjara dan diintimidasi secara fisik maupun psikis. Disamping jatuhnya korban tewas dan luka-luka, kerugian lain yang dialami misi Freedom Flotilla ini adalah penyitaan dan penghancuran barang-barang pribadi para relawan, penyitaan pasport, serta penyitaan kapai dan barang-barang bantuan. Barang-barang mana seharusnya telah dinikmati oleh 1.5 juta jiwa penduduk Gaza yang diblokade oleh Israel sejak tahun 2006.

      Empat tahun telah berlalu, namun tetap penghukuman secara internasional terhadap pelaku kejahatan HAM tersebut belum terjadi. Para korban luka-luka pun tak pernah mendapat rehabilitasi dan kompensasi. sampai kini. Padahal, membiarkan terjadinya kejahatan tanpa penghukuman terhadap pelakunya alias impunitas adalah hal terburuk yang pernah terjadi dalam penegakan hukum. Tim Pencari Fakta Dewan HAM PBB (UN Human Rights Council Fact Finding Mission) telah melakukan penyelidikan terhadap kasus ini pada pertengahan tahun 2010. Dan laporan hasil penyelidikan juga telah diselesaikan pada 22 September 2010. Kesimpulan dari tim tersebut adalah serangan tentara Israel atas misi Freedom Flotilla adalah 'brutal', 'disproportionate' (tidak proporsional), melanggar hukum internasional, hak asasi manusia internasional, dan hukum humaniter internasional. Juga terdapat cukup bukti bahwa telah terjadi pembunuhan dengan sengaja (wilful killing), penganiayaan dan penyiksaan (humiliation and torture). Penyerangan terhadap Freedom Flotilla oleh tentara Israel dapat memenuhi elemen Kejahatan Terhadap Kemanusiaan (Crime Against Humanity) seperti yang tercantum dalam Statuta Roma (Rome Statute) yang merupakan dasar pendirian International Criminal Court (ICC). Apalagi, sebagian korban dari Freedom Flotilla adalah berasal dari negara-negara yang telah meratifikasi (state parties) Statuta Roma yang merupakan dasar hukum lahirnya ICC.

      Pengadilan Turki di Istanbul telah melakukan persidangan terhadap kasus ini sejak tahun 2012. Dan telah pula mendakwa empat petinggi komando Israel atas dasar bukti-bukti kuat bahwa keempatnya telah memberikan perintah untuk melaksanakan operasi tersebut. Mereka adalah Israeli Chief of General Gavriel Ashkenazi, Komandan Angkatan Laut Eliezer Marom, Direktur Intelijen Angkatan Udara Avishai Levi dan Kepala Direktorat Intelijen Angkatan Bersenjata Israel, Amos Yadlin. Perkembangan terakhir, pada 26 Mei 2014, Pengadilan Istanbul telah mengeluarkan putusan untuk menangkap keempat tersangka Israel tersebut dan akan segera mengeluarkan perintah penangkapan (arrest warrant) dengan bekerjasama dengan Interpol.

      Pengadilan Istanbul kini adalah salah satu harapan untuk menggapai keadilan bagi para korban. Karena, empat tahun telah berlalu. Haruskah keluarga dari 10 korban tewas, 52 korban luka berat (termasuk 2 korban luka tembak dari Indonesia) serta para korban lainnya menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan keadilan? Maka, atas nama keadilan bagi para korban dan keluarganya, atas nama penghormatan kepada kemanusiaan, juga untuk tidak menimbulkan preseden buruk terhadap impunitas yang terjadi dalam penegakan hukum, PAHAM Indonesia bersama ini menyerukan :

1. Kepada komunitas internasional untuk menghargai proses hukum yang berlangsung dalam menegakkan hak-hak korban penyerangan tentara Israel di MV Mavi Marmara dan misi Freedom Flotilla to Gaza secara keseluruhan, baik yang berlangsung di Turki maupun di negara-negara lain.

2. Kepada PBB, untuk melaksanakan rekomendasi dari UN Human Rights Council Fact Finding Mission terkait dengan serangan tentara Israel terhadap misi Freedom Flotilla, termasuk merekomendasikan, melalui Dewan Keamanan PBB, untuk membawa kasus ini ke International Criminal Court (ICC) di Den Haag. 

3. Kepada Jaksa Penuntut Umum International Criminal Court, untuk memproses complaints yang telah diajukan oleh para korban dan pengacara korban kasus Mavi Marmara-Freedom Flotilla dan segera mengambil inisiatif untuk melahirkan pengadilan kasus ini dalam mekanisme International Criminal Court.

4. Kepada Pengadilan Istanbul dan otoritas penegakan hukum di Turki, untuk mengeluarkan perintah penangkapan terhadap empat tersangka penjahat kemanusiaan Israel dalam kasus Mavi Marmara, sesuai dengan putusan persidangan pada tanggal 26 Mei 2014, dan menghadirkan ke empat tersangka ke muka persidangan pidana di Istanbul Turki sebagai bagian dari proses pertanggungjawaban pidana.

5. Kepada Pemerintah Israel, untuk menyerahkan keempat tersangka tersebut ke Pengadilan Istanbul untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam suatu persidangan yang adil.

6. Kepada Pemerintah Israel, untuk meminta maaf kepada para korban dan keluarganya atas kejahatan yang telah dilakukan dalam serangan Mavi Marmara, serta memberikan kompensasi dan restitusi yang adil kepada semua korban dan keluarganya.

7. Kepada pemerintah semua negara yang warganya turut menjadi korban dalam serangan ke MV Mavi Marmara- Freedom Flotilla, untuk tetap memperjuangkan keadilan terhadap semua korban dalam serangan tersebut dengan mengupayakan penyelenggaraan pengadilan apakah di level nasional, regional maupun internasional.

8. Kepada para korban, pengacara korban dan aktifis kemanusiaan pendukung misi Mavi Marmara - Freedom Flotilla, untuk selalu bersemangat dan bekerjasama kapanpun dan dimanapun untuk penegakan hukum dalam kasus ini.

9. Kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, untuk terus menerus mendukung, memfasilitasi, dan memperjuangkan keadilan untuk semua korban serangan Mavi Marmara-Freedom Flotill, utamanya untuk duabelas korban Indonesia yang turut menjadi korban dalam serangan ke MV Mavi Marmara. Semoga keadilan dan kebenaran senantiasa berpihak kepada para korban dan keluarga korban kasus serangan terhadap MV Mavi Marmara - Freedom Flotilla.

                                                          Jakarta, 31 Mei 2014
                PENGURUS PUSAT ADVOKASI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
                                                        (PAHAM) INDONESIA
Nasrulloh Nasution, S.H                                                                    Sylviani Abdul Hamid, S.HI.M.H.
    Direktur Eksekutif                                                                                      Sekretaris Jenderal

                                                                  Heru Susetyo
                          Tim Pengacara Korban Indonesia di MV Mavi Marmara-Freedom Flotilla
                                                            dari PAHAM Indonesia



Sumber : 

Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia, 2013.

Armstrong, Karen, A History of Jerusalem: One City, Three Faiths, London : Harper Collins Publishers, 1997.

Armstrong, Karen, Holy War : The Crusades and Their Impact on Today’s World, London : McMillan London Ltd., 1991.

Armstrong, Karen, Sejarah Tuhan : Kisah 4000 Tahun Pencarian Tuhan dalam Agama- Agama Manusia,  Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2013.

Bokhari, Raana, dan Mohammad Seddon, Ensiklopedia Islam, Indonesia :Erlangga, 2011.

Crowley, Roger, 1453 : Detik-Detik Jatuhnya Konstantinopel, Jakarta : Pustaka Alvabet, 2008.

Kuncahyono, Trias, Jerusalem : Kesucian, Konflik dan Pengadilan Akhir, Jakarta : Penerbit 
Kompas,2010.

Levi, Avigdor (Ed.), The Jews of The Ottoman Empire, Princeton : The Darwin Press, 1994.

Tim Kuasa Hukum, Rilis Pers : Empat Tahun Kasus Serangan Mavi Marmara Tetap Dalam Ketidakadilan, Jakarta : Pusat Advokasi Hukum Dan Hak Asasi Manusia Indonesia (Paham), 31 Mei 2014.


Author : Arafah Pramasto, Co-Author : Sapta Anugrah.

Comments